Jumat, 07 Juni 2013

CARA MENCARI INFORMASI MELALUI INTERNET



CARA MENCARI INFORMASI MELALUI INTERNET

MENGGUNAKAN BOOLEAN LOGIC

Boolean logic atau sering juga disebut gerbang logika boolean merupakan sebuah sistem pemrosesan
dasar yang dapat memproses input-input yang berupa bilangan biner menjadi sebuah output yang berkondisi yang akhirnya digunakan untuk proses selanjutnya.  

Logika Boolean biasanya bekerja dengan membandingkan bit individu. Bagi mereka yang belum terbiasa, bit merupakan unit terkecil dari informasi digital. Kita mungkin melihat bahwa semua file komputer memiliki ukuran yang umumnya dinyatakan dalam byte, setiap byte lebih lanjut dapat dibagi menjadi bit. Logika boolean melakukan operasi dengan cara membandingkan bit-bit individu informasi. Untuk menentukan cara membandingkan bit informasi digital, Boolean logic bekerja dengan menggunakan system operasi AND, OR, dan NOT
Operator dan logika boolean pada google ada 8 yaitu:
1.      And
2.      Or
3.      Tanda tambah (+)
4.      Tanda minus (-)
5.      Tanda asterik
6.      Tanda titik (.)
7.      Tanda kutip (“”)
8.      Not
Yang masing-masing mempunyai fungsi dan kegunaan yang berbeda, untuk lebih jelasnya akan saya uraikan di bawah ini.
Sebenarnya perintah AND ini boleh tidak diketik. Karena secara default, Google menggunakan kata kunci AND. Jadi, Anda dapat langsung mengetik ROTI BAKAR tanpa ada boolean AND. Penulisan AND haruslah menggunakan huruf kapital. Logika AND ini sama fungsinya dengan tanda (+) Mengambil dokumen yang mengandung ke dua istilah pencariana tau kata kunci. Memperolehhasi l yang lebih sedikit Mempersempit pencarian.

OR
Logika OR digunakan untuk menemukan halaman yang setidaknya memiliki salah satu dari dari querry yang dicari. Penulisan kata OR haruslah menggunakan huruf kapital. Misalnya, Anda mencari Lotus OR Excel. Apabila salah satu kata antara Lotus atau Excel ditemukan maka informasi tersebut akan ditampilkan. Kata OR ini juga berfungsi sama dengan karakter spasi. Sebagai pengganti perintah OR Anda dapat menggunakan karakter pipe (|).
Pencarianakan menghasilkan lebih dari atau salah satu dari kata kunci yang ditentukan System operasi OR dapat di gambarkan dalam diagram venn sebagai berikut.

Tanda Tambah (+)
Penjelasan pemakaia tanda + ini adalah sama saja dengan logika boolean AND. Tanda + digunakan untuk mencari teks yang serupa. Misalnya, ikan+mati. Maka hasil searchingnya adalah link yang mengandung kedua kata tersebut.

Tanda Minus (-)
Kebalikan dari tanda (+), tentu saja tanda (-). Fungsinya adalah untuk tidak menampilkan kata yang mengandung lambang minus tersebut. Sebelum penulisan tanda minus (-) haruslah terdapat spasi kosong. Misalnya, ‘ikan mati’, hasil searchingnya adalah link yang memiliki kata ikan dan tidak terdapat kata mati. Biar gampang diingat, tanda (-) boleh dibaca sebagai ‘kecuali’.

Tanda Asterik
Melambangkan karakter pengganti kata. Jika Anda mengetikkan: “satu*tiga” maka akan memberikan hasil yang beragam. Bisa saja ‘satu dua tiga’, ‘satu tambah tiga’ atau kata-kata lain antara dua kata tersebut. Apabila Anda mengetikan ‘psikolog*’ hasil yang Anda dapatkan bukanlah psikologi, melainkan ada kata lain setelah psikolog tersebut. Jadi, lambang (*) bukanlah sebagai pengganti huruf.

Tanda Titik (.)
Digunakan untuk mencari teks yang satu karakter. Karakter tersebut dapat berupa apa saja, termasuk huruf, angka, spasi, karakter khusus dan sebagainya. Misalnya, Anda mencari: ro.i hasilnya dapat berupa: roti, rozi, ro-I, dsb.

Tanda Kutip (“”)
Digunakan untuk mencari teks yang diapit antara kedua tanda kutip tersebut. Dari contoh diatas adalah “ikan mati” maka hasil searching adalah frase ikan mati dalam satu rangkai.

Gerbang NOT
Gerbang NOT sering disebut juga dengan istilah inverter atau pembalik. Logika dari gerbang ini adalah membalik apa yang di-input ke dalamnya. Biasanya input-nya hanya terdiri dari satu kaki saja. Ketika input yang masuk adalah 1, maka hasil output-nya adalah 0. Jika input yang masuk adalah 0, maka hasil output-nya adalah 1. Banyak sekali penerapan gerbang NOT ini pada rangkaian digital, meskipun fungsinya sangat sederhana.
Teknik pencarian mengambil kata kunci dari salah satu diantaranya.  Untuk mengecualikan istilah dalam pencarian.  Mempersempit pencarian.  Hasil yang diperoleh lebih sedikit
System operasi NOT dapat di gambarkan dalam diagram venn sebagai berikut.

Gerbang NAND
Gerbang logika NAND merupakan modifikasi yang dilakukan pada gerbang AND dengan menambahkan gerbang NOT didalam prosesnya. Maka itu, mengapa gerbang ini dinamai NAND atau NOTAND. Logika NAND benar-benar merupakan kebalikan dari apa yang dihasilkan oleh gerbang AND. Di dalam gerbang logika NAND, jika salah satu input atau keduanya bernilai 0 maka hasil output-nya adalah 1. Jika kedua input bernilai 1 maka hasil output-nya adalah 0.

Gerbang NOR
Gerbang NOR atau NOT-OR juga merupakan kebalikan dari gerbang logika OR. Semua input atau salah satu input bernilai 1, maka output-nya akan bernilai 0. Jika kedua input bernilai 0, maka output-nya akan bernilai 1

Gerbang XOR
Gerbang XOR merupakan singkatan dari kata Exclusive-OR. Sesuai dengan namanya, gerbang logika ini merupakan versi modifikasi dari gerbang OR. Jika pada gerbang OR Anda akan mendapatkan hasil output yang serba 1 jika salah satu input atau keduanya bernilai 1, tidak demikian dengan XOR. Gerbang logika ini hanya akan mengeluarkan hasil output bernilai 1 jika hanya salah satu input saja yang bernilai 1. Maksudnya jika kedua input bernilai 1, maka hasil output-nya tetaplah 0. Jadi dengan demikian, logika XOR tidak akan membiarkan kedua input bernilai sama. Jika sama, maka hasil output-nya adalah 0.

Gerbang XNOR
Gerbang XNOR atau Exclusive NOR ini mungkin tidak terlalu sering terdengar, namun aplikasinya cukup lumayan penting juga. Gerbang logika XNOR memiliki kerja ebalikan dari XOR. Jika pada gerbang logika XNOR terdapat dua input yang sama, maka gerbang XNOR akan mengeluarkan hasil output bernilai 1. Namun jika salah satunya saja yang berbeda, maka nilai output pastilah bernilai 0

MENGGUNAKAN SEARCH ENGINE

Mesin pencari atau Search engine adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan. Search engine merupakan perangkat pencari informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits. Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya.

Jenis-Jenis Search Engine
Terdapat beberapa jenis search engine yang sudah barang tentu diantara satu dan lainnya terdapat perbedaan, jenis-jenis search engine tersebut adalah :
1.      Search Engines, atau real search engines adalah website yang mempunyai program komputer dan database yang dikumpulkan dan diseleksi search engine robots atau search engine spider, contohnya https://www.google.co.id/, http://www.altavista.com/, http://www.bing.com/,  http://www.Lycos.com/ , http://www.Ask.com/
2.      Search Directory, website yang mempunyai program komputer dan database yang isinya sudah diseleksi oleh manusia yang disebut search engines editor, yang berfungsi menggantikan tugas search engines spider atau search engines robots, contoh Yahoo search directory, NBCi/SNAP search directory, untuk selanjutnya search directory dalam search engine rankings tutorial ini akan disebut "search engines"
3.      Meta Search Engines, website yang berfungsi sebagai search engines tetapi tidak mempunyai database, dan hasil pencarianya diambil dari database dari search engines lain, contoh meta search engines adalah metacrawler meta search engine, dogpile meta search engine, dalam search engine tutorial ini meta search engine tidak dibahas lebih jauh, karena cara pencarian masih seperti search engines yang diambil referensinya.Contohnyawww.hotbot.com,  www.metasearch.com,  www.metacrawler.com,  www.ixquick.com, www.mamma.com
4.      Hybrid Search Engines, website yang berfungsi sebagai search engines atau search directory yang mepunyai punya database, search engine spider atau search engine robots sendiri, atau punya search engine editor sendiri tetapi hasil pencarianya diperkuat dengan database dari search engines, atau search directory lain, contoh hybrid search engines adalah, google search engine yang databasenya diperkuat dengan database open directory project/dmoz search directory, dan yahoo search directory yang databasenya diperkuat dari google search engine, rata-rata search engines sekarang, adalah hybrid search engines.
5.      Invisible web. Istilah invisible web merujuk ke sumber-sumber informasi di Internet yang belum terjangkau oleh mesin pencari (search engines) yang biasa dipakai oleh umum seperti Google dan Yahoo!, baik karena si mesin mengabaikan sumber-sumber tersebut, maupun karena si penyedia sumber mengupayakan agar informasi yang dibuatnya tidak terlacak. Contohnya infomine, virtual library, intute, complete planet, infoplease, DeepPeep, IncyWincy, DeepWebTech, Scirus TechXtra
Karakteristik :
a.       Merupakan web yang menyediakan akses melalui suatu kotak pencarian ke dalam isi database pada sebuah komputer di suatu tempat,
b.      Dapat saja berubah berbagai topik, dapat pula juga hal yang komersial, pekerjaan yang spesifik, pemerintahan, dll
c.       Juga terdiri dari banyak halaman yang menghasilkan hasil pencarian dari katalog direktori online.

Ada search engines lain, yaitu local search engines seperti catcha, search indonesia, betawi.net, idspider search engines, dan mereka termasuk hybrid search engines. Melihat anatomi searching engine di atas, terlihat bahwa membuat searching engine sangatlah mudah. Yang sulit adalah mengalahkan kecepatan dan keakuratan dari searching engine yang sudah ada sekarang. Hal inilah yang menyebabkan banyaknya pemain baru di bisnis searching engine yang mencari market niche berupa pemilihan daerah-daerah yang menjadi fokus pencarian. Contohnya adalah Euroferret.com yang hanya mengkhususkan diri pada pencarian arsip dan dokumen di situs-situs yang ada di wilayah Eropa, atau Catcha.co.id yang menawarkan pencarian arsip dan dokumen yang berada di wilayah geografis Asia Tenggara. Biaya investasinya pun tidak dapat dibilang murah. Empat tahun yang lalu, Altavista harus melibatkan 3 prosesor (komputer) untuk penanganan Query Interface, 190 prosesor untuk Query Engine, 1 prosesor untuk Spider, 2 prosesor untuk Indexer, dan 300 Gigabytes kapasitas Database.

PERFORMANSI SEARCH ENGINE
Sebuah search engine memiliki suatu database dari berbagai resources yang di-ekstrak dari internet dengan proses otomatis menggunakan queries. Cara kerja search engine mirip kalau kita mencari sebuah buku dengan menggunakan katalog di perpustakaan. Dengan mengisikan Kata atau kalimat didalam kotak pencarian, maka search engine akan mencocokannya pada resource yang terdapat di database search engine. Selanjutnya secara otomatis disorting berdasarkan segala kemungkinan yang relevan dan disajikan dengan yang paling relevan berada pada posisi pertama. Setiap search engine memiliki formula secara unik yang disebut algoritma untuk meng-indeks dan men-score web site.
Perilaku websurfer, jika mencari sesuatu yang dibutuhkan misalnya "DINUS", maka DINUS dipakai sebagai keywords untuk mencari dari search engines, setelah ketemu maka dia membuka website yang ada di search engine rankings pertama, kedua, ketiga dan seterusnya, mungkin sampai ke search engine ranking ketigapuluh, jika belum ditemukan maka dia akan mengganti keywordsnya dengan yang lebih spesifik, dan tidak mungkin dia membuka website sampai di search engine rankings ke 100. search engine rankings adalah urutan hasil pencarian search engines atas suatu keywords. Berarti website yang berada di high search engine rankings itulah yang sempat mempromosikan websitenya karenanya search engine merupakan alat promosi website yang paling bagus di internet.
Search engines seperti persimpangan jalan yang ramai, dan high search engine rankings adalah pemasangan papan iklan di persimpangan tersebut. Modal utama untuk menjual website adalah, high search engine rankings, disamping theme website yang menyenangkan.Tanpa high search engine rankings website anda seperti toko yang tidak mempunyai banyak pengunjung. Dengan pengkajian secara kontinu dan perbaikan algoritma-nya, search engine diharapkan dapat memberikan hasil searching yang lebih relevan.
Secara umum Faktor-faktor yang berpengaruh terhadapnya performansi search engine dapat dibagi kedalam dua kategori yaitu : keterkaitan-halaman (page-related) mencakup masalah keyword dan penempatannya didalam HTML,yang meliputi:
·         Format, penempatan dan content dari title tag
·         Keyword yang sering muncul, bobot, kemiripan dan kedekatan sintak
·         Penggunaan dari meta description tag
·         Penggunaan ALT tag
·         Penggunaan comment tag
·          Penggunaan keyword pada nama URL
Faktor luar yang tidak kalah pentingnya meskipun secara langsung tidak berhubungan dengan content HTML-nya, adalah : · Kepopuleran Link · Theme · Rancangan site secara utuh Integritas dari kedua faktor tersebut yang pada akhirnya akan menjadikan performance dari searching engine bener-bener POLKE (Jempol dan Oke)
Sebagai gambaran seberapa banyak konten invisible web ini, ternyata jumlah atau ukuran datanya jauh lebih banyak dibandingkan konten web permukaan atau open web. Menurut data dari Wikipedia, diperkirakan ukuran data konten invisible web adalah sebesar 91.000 terabyte, sangat jauh melebihi konten open web yang ‘hanya’ 167 terabyte.
Untuk mencari konten web tersembunyi yang tidak terdeteksi Google atau search engine biasa lainnya, untungnya ada cukup banyak juga search engine khusus yang memang menyediakan layanan pencarian dokumen ‘bawah tanah’ ini.

KEKURANGAN DAN KELEBIHAN SEARCH ENGINE  

  1. Simple, tampilan google sangat sederhana, tanpa iklan dan news sehingga tidak membingungkan. Sekali masuk 100% pasti akan melakukan aktifitas pencarian.
  2. Google memudahkan pencarian menggunakan kata kunci yang relevan. Hanya beberapa detik saat kita mengetikkan kata kunci, google menawarkan beberapa kata kunci populer dan relevan yang mungkin Anda inginkan.
  3. Google mendukung web service. Layanan ini diperuntukkan bagi software developer. Dengan mengetahui tentang web service suatu mesin pencari, Anda tidak perlu membuat mesin pencari sendiri untuk membuat aplikasi yang support pencarian di web misal browser firefox, Yahoo Messenger atau flock. Aplikasi-aplikasi tersebut support pencarian.
  4. Google melakukan pengindexan suatu halaman website secara berkala. Sehingga saat kita update web, google dipastikan akan datang berkunjung untuk melakukan indexing.
  5. Sekarang google support terhadap pencarian berdasarkan lokasi pengunjung (localized search). Contohnya jika anda ketikkan google.com di indonesia, maka akan muncul ke google.co.id.
  6. Sangat enteng dan cepat diakses.
  1. Perkembangan website yang sangat cepat tidak mendapat bandingan dari kecepatan index google, sehingga kadang artikel yang kita buat sekarang baru terindex beberapa menit bahkan sampai berhari-hari.
  2. Kadangkala hasil pencarian tidak relevan, meskipun google telah berusaha menampilkan hasil yang relevan. Kadang hasil pencarian hanya membuat kita berputar dari web ke web yang lain.
  3. Aktifitas link spamming yang tidak terbendung untuk mengangkat posisi website jika tidak bisa dibedakan search engine dengan link natural akan menyebabkan akurasi pencarian melemah.
  4. Tidak bisa mengindeks halaman tertentu. Beberapa website yang memakai konten dinamis tidak bisa diindex. Biasanya website seperti ini dihalangi oleh form yang mengharuskan inputan. Form inilah yang menyebabkan website dimanis sulit terindex dengan baik
Kelebihan Ask :     
1.      Keunggulannya adalah ia akan mencari situs penyedia jawaban untuk pertanyaan yang diberikan
2.      Lebih canggih dan akan menampilkan lebih banyak informasi pada halaman pertama hasil pencarian ketimbang Google dan Yahoo!
3.      Background dari mesin pencari Ask.com ini bisa diganti-ganti

Kekurangan Ask :
1.      Databasenya kecil
2.      Fitur kurang lengkap
3.      Dari segi tampilan di tinjau biasa saja karena lebih diandalkan dalam pencarian kata
4.      Pencarian kata tidak ada filtering sehingga data yang tidak dicari semua diambil
5.      Tidak adanya pengelompokkan data khususnya dalam pembukaan gambar.

Kelebihan Bing :
1.      Mempunyai fasilitas instant answer. Fasilitas ini merupakan salah satu inovasi performa yang berhasil dikembangkan dan diintegrasikan ke dalam sistem sehingga memampukan Bing memberikan jawaban.
2.      Hasil pencarian image atau video dapat ditampilkan dan disaring secara detail. Apabila pengguna melakukan pencarian situs atau halaman web yang berisi konten image, maka Bing mampu menyajikan daftar hasil pencarian secara spesifik dan detail.
3.      Kotak detail pada link hasil pencarian. Jika pada situs-situs mesin pencari lainnya, pengguna harus mengklik link yang ditampilkan di halaman tersebut untuk mengetahui isinya. Namun, pada Bing ini, pengguna tidak perlu mengklik link lagi, tetapi hanya perlu mengarahkan kursor pada link tersebut untuk menampilkan kotak detail. Melalui kotak detail inilah pengguna dapat menyimak sekilas informasi tentang link tersebut.
4.      Bing.com ini mesin pencari yang sangat complet, semua yang Anda cari pasti ada.
5.      Sistem filternya bisa kita aktif kan ataudi non aktifkan, jadi anda bisa membuka situs yang diblokir. 

Kekurangan Bing :
1.      Tidak dapat berhitung.
2.      Fiturnya tidak lengkap.
3.      Bing.com kurang di minati oleh pengguna.
4.      Bing.com kurang cepat dalam pencariannya.

Kelebihan Yahoo :
1.      Paling lengkap dibanding search engine yang lain.
2.      Lebih mudah diakses dibanding search engine yang lain.
3.      Menyediakan yellow page dan peta.
4.      Adanya fitur e-mail yang banyak disukai oleh orang-orang.
5.      Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
6.      Fiturnyanya yang komplit.
7.      Yahoo juga menyediakan salah satu fungsi yaitu katalog web. Link ke menu bantuan (help) juga dapat dikenali dengan baik di halaman login dengan keterangan yang cukup jelas.

Kekurangan Yahoo :
1.      Software pendukungnya masih kurang.
2.      Loading yang lama.

Kelebihan Lycos :
1.      Lycos mampu mencari data dengan cepat.
2.      Dalam hal pencarian cepat.
3.      Lycos menyediakan fungsi “Fun Search” yang lebih diperuntukkan bagi kalangan remaja. Ini sangat membantu bagi kalangan yang membutuhkan gosip dan lagu terbaru dari para selebritis pujaan.
4.      Lycos juga menampilkan 50 pencarian terbesar di halaman depannya.
5.      Lycos, selain mendukung pencarian web, juga menyediakan pencarian file MP3, dan video pada http://multimedia.lycos.com. 

Kekurangan Lycos :
1.      Untuk mencari berita-berita aktualnya, pengguna harus masuk ke bagian site map karena berita-berita tersebut tidak ditampilkan di halaman depan.
2.      Sering tidak spesifik karena datanya kebanyakan masih mengambil data dari mesin pencari Alltheweb yang tergolong paling lamban dalam pencarian data.

Kelebihan Altavista :
1.      Pencarian halaman web, video, gambar, MP3, dan file audio lainnya. Dalam pencarian berita pun Altavista mampu mencari berita teraktual.
2.      Altavista mampu menetapkan berapa umur maksimal yang akan ditampilkan.
3.      Pilihan pencarian yang paling lengkap di antara semua mesin pencari.
4.      Altivista dapat memncari suatu informasi yang lebih akurat.

Kekurangan Altavista :
1.       Dalam hal pencarian data yang kurang bagus. Sering kali mesin pencari ini menampilkan hasil yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan tema yang dicari.




1 komentar: